Representasi masa kecil melalui karya

 

Nama : Azhar Rizky Adi Saksana

Kelas : R3L

NPM : 202146500908

 

Tugas Filsafat Seni Pertemuan 9


 

Ketiga gambar diatas merupakan gambar yang saya pilih dari pasar NFT dan ketiga gambar diatas merupakan beberapa cerminan dari diri saya dimasa kecil. Sebuah representasi dari kedekatan dengan keluarga, dan hal yang paling ditakuti dimasa kecil. Ketika saya melihat gambar pertama saya terfikir tentang kematian, gambar ke2 merupakan kedekatan saya dengan keluarga apalagi sosok ibu, dan gambar terakhir adalah sebuah bencana atau yang terfikir oleh saya adalah kiamat.

Saya memilih ketiga gambar diatas karna saya fikir ke3 nya saling berhubungan. Dimulai dari gambar yang ke2, sebuah gambar kedekatan dengan anggota keluarga terlebih lagi dengan sosok ibu. Sebuah kedekatan yang sangat saya ingat pada masa kecil dimana sosok ibu yang sangat merawat, dan perhatian. Pada gambar yang pertama dan yang ke3 terdapat ketakutan saya yang amat mendalam di masa kecil yaitu kematian dan hari kiamat.

Hubungannya ke3 gambar diatas sebenarnya lebih tertuju kepada ketakutan saya di masa kecil. Saat kita mempunyai masa kecil yang sangat dekat dengan sosok ibu, tentunya kita sangat takut dengan yang Namanya perpisahan. Saya ingat saat saya kecil saya sering kali bertanya kepada ibu saya tentang kematian. Saya bertanya kepadanya “bagaimana jika suatu saat ibu tiada? Siapa yang akan mengurusku kedepannya?”.

Dapat disimpulkan bahwa yang sangat saya takutkan di masa kecil adalah sebuah “perpisahan”. Gambar ke2 yang merupakan kedekatan dengan keluarga, dan 2 gambar lainnya mengartikan sebuah perpisahan.

 

Analisis

Ketiga gambar diatas jika dianalisis dengan teori mimesis plato, ketiga gambar tersebut merupakan sebuah imitasi dari apa yang sudah ada di dunia gagasan, karena di ke3 gambar tersebut terdapat gambar manusia dan benda-benda ciptaan manusia itu sendiri.

Jika dilihat dengan teori Clive Bell (1960) tentang emosi estetis, tentunya ketiga gambar tersebut dapat memunculkan emosi estetis tertentu terhadap beberapa orang, contohnya seperti apa yang saya tulis diatas tentang pengalaman masa kecil diatas. Saya seakan merasakan atau melihat cerminan diri saya pada masa kecil Ketika melihat ketiga gambar diatas. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini